Judul : PKP Bab 1 Universitas Terbuka
link : PKP Bab 1 Universitas Terbuka
PKP Bab 1 Universitas Terbuka
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah
Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. Oleh karena itu perubahan atau perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Perubahan dalam arti perbaikan pendidikan pada semua tingkat perlu terus menerus dilakukan sebagai antisipasi kepentingan masa depan.
Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan dimasa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik, sehingga yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan problema kehidupan yang dihadapinya. Pendidikan harus menyentuh potensi nurani maupun potensi kompetensi peserta didik. Konsep pendidikan tersebut terasa semakin penting ketika seseorang harus memasuki kehidupan di masyarakat dan dunia kerja, karena yang bersangkutan harus mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah untuk menghadapi problema yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari saat ini maupun yang akan datang.
Guru sebagai subjek dalam pembelajaran dituntut mengetahui macam strategi pembelajaran dengan luas. Hal ini diperlukan agar guru dapat memilih pendekatan dan strategi yang cocok dalam setiap penyampaian materi pembelajaran khususnya. Keterampilan dasar peserta didik dalam pelajaran Matematika merupakan salah satu bentuk keterampilan dasar yang menentukan berhasil atau tidaknya kegiatan belajar mengajar (KBM) bidang studi Matematika. Tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar bidang Matematika tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar pada prestasi belajar peserta didik.
Memperhatikan kondisi tersebut penulis tertarik untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil.
1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan data hasil ulangan formatif semester 2 tahun ajaran 2013-2014 kelas III SDN Mulyasari III Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut,pada mata pelajaran Matematika menunjukan rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran tentang Keliling Persegi dan Persegi Panjang hanya 8 orang atau 53% dari 15 orang yang mencapai nilai KKM ( > 70).
Berdasarkan observasi serta fakta dan permasalahan,maka di ketahui ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya permasalahan tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap terhadap materi pelajaran
2. Selama proses pembelajaran peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru
3. Kurangnya motivasi belajar peserta didik ketika pembelajaran berlangsung
4. Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran kurang
2. Analisis masalah
Berdasarkan hasil identifikasi masalah di ketahui ada beberapa faktor yang menyebabkan peserta didik tidak bisa memahami Keliling persegi dan persegi panjang,faktor itu adalah sebagai berikut:
1. Guru kurang menggunakan alat peraga secara optimal
2. Guru dalam menjelaskan materi terlalu cepat
3. Guru pada saat menyuruh peserta didik menjawab pertanyaan hanya terpaku pada peserta didik yang ada di barisan belakang
4. Guru kurang mengkaitkan materi terhadap pengalaman peserta didik
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis masalah,guru mencari solusi untuk mengatasi permasalahan agar tidak terjadi lagi kesulitan yang di alami peserta didik dalam proses pembelajaran.
Yang menjadi fokus dalam perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika adalah “Meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang Keliling persegi dan persegi panjang dengan menggunakan alat peraga berupa media gambar ”
Untuk lebih jelas mengenai penggunaan alat peraga media gambar maka saya rincikan sebagai berikut:
1. Bagaimana langkah-langkah penggunaan media gambar untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang Keliling persegi dan persegi panjang?
2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar terhadap peserta didik tentang persegi dan persegi panjang?
3. Bagaimana hasil dari penggunaan media gambar terhadap pemahaman peserta didik tentang Keliling persegi dan persegi panjang?
C. Tujuan penelitian pembelajaran
Tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Meningkatkan kemampuan profesional guru
2. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran,sehingga tingkat penguasaan kemampuan peserta didik semakin meningkat dan hasil pembelajaran diperoleh sesuai dengan harapan
3. Sebagai tindak lanjut perbaikan pembelajaran bedasarkan refleksi yang telah dilakukan
D. Manfaat penelitian pembelajaran
Bagi guru:
1. Membantu memperbaiki proses pembelajaran.
2. Meningkatkan kinerja dan memperoleh wawasan pengetahuan
3. Meningkatkan kepercayaan diri dalam mengajar
4. Motivasi untuk melakukan inovasi dalam mengajar
Bagi peserta didik:
1. Membantu meningkatkan hasil belajar
2. Meningkatkan kemampuan mengusai dan memahami materi pelajaran
3. Menumbuhkan rasa percaya diri untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan
4. Mengembangkan kreatifitas berfikir dalam memecahkan berbagai soal yang berhubungan dengan materi pembelajaran
Bagi sekolah:
1. Dapat meningkatkan prestise sekolah melalui peningkatan keajuan belajar peserta didik
2. Terciptanya lingkungan yang kondusif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
Demikianlah Artikel PKP Bab 1 Universitas Terbuka
Sekianlah artikel PKP Bab 1 Universitas Terbuka kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Bapak Ibu saat ini sedang menyimak artikel PKP Bab 1 Universitas Terbuka dengan alamat link https://documentguru.blogspot.com/2015/12/pkp-bab-1-universitas-terbuka.html
0 comments Blogger 0 Facebook
Post a Comment